Semiloka, Konseling Remaja Berbasis Sekolah

Posted: 17/03/2012 in Uncategorized

Malang, Psikologi Zone – Sebagai garda terdepan dalam pelayanan permasalahan anak berbasis sekolah, Guru BP/BK dapat dipastikan memiliki kekayaan pengalaman dan data yang akurat terkait masalah anak, terutama remaja.

Pengalaman Guru BP/BK sangat penting bagi instansi terkait dan lembaga pemerhati anak lainnya dalam menentukan intervensi yang tepat. Mendengarkan saran dan masukan guru BP/BK sekaligus mengidentifikasi hal-hal penting lainnya harus segera dilakukan.

Hari kemarin, Pusat Pelayanan Terpadu Perberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) mengadakan acara Konseling Remaja Berbasis Sekolah (Semiloka) yang dihadiri oleh Ketua komisi B DPRD Kabupaten Malang, Sekda Kabupaten Malang dan Kepala Unit PPA Polres Malang. Sebanyak 100 orang guru BK SMP/SMA se Kabupaten Malang hadir sebagai peserta acara.

Tujuan diadakan acara ini adalah untuk (1) Memperkaya pemahaman dan memberikan alternatif wacana penanganan anak-anak sebagai bagian dari tugas Guru BP/BK; (2) Mendengarkan saran dan masukan serta pengalaman Guru BP/BK dalam penanganan kasus-kasus anak berbasis sekolah; (3) Mencari format kerjasama terbaik antara P2TP2A dan juga KP3A dengan lembaga pendidikan dalam penanganan anak-anak berkebutuhan khusus; (4) Inisiasi pembentukan Laskar Anak di tingkat kecamatan.

“Acara ini sangat penting karena terkait dengan persiapan kehidupan remaja di masa yang akan datang, dan guru BK merupakan bagian penting pembentukan kepribadian remaja di sekolah.” kata Fathul Lubabin Nuqul, M.Si, Psi, narasumber dalam acara Semiloka ketika dihubungi Psikologi Zone (7/3).

Pendampingan siswa meliputi proses kegiatan pendidikan dan pemberian konseling. Semua itu bertujuan mengembangkan potensi siswa. Cara ini sering dilakukan dengan memberikan bantuan kepada siswa agar memiliki pemahaman yang benar tentang dirinya sendiri. Siswa diharapkan mampu mengambil keputusan untuk melangkah maju dan dapat menolong diri sendiri bila ada permasalahan yang dihadapi.

“Dalam hal ini seorang guru bimbingan konseling harus mengenali cara untuk memahami permasalahan dari sudut pandang anak didik itu sendiri ataupun dari sudut pandang guru konseling yang berperan sebagai orang tua” jelas Fathul yang juga Dosen dan Ketua Lembaga Psikologi Terapan (LPT) Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN) Malang.

Sebagai bagian dari pelaksanaan UU No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, maka hak-hak anak untuk tumbuh kembang harus mendapat perhatian dari semua kalangan. Peran pemerintah disini cukup vital, karena Pemerintah Kabupaten Malang mempunyai program kota layak anak. Tentunya program Semiloka ini juga masuk dalam program pemerintah tersebut. (mba)

 

sumber:  http://www.psikologizone.com/semiloka-konseling-remaja-berbasis-sekolah/065115439

Komentar
  1. Nurul Apriyani mengatakan:

    teman, jangan lupa ya mencatumkan link Gunadarma http://www.gunadarma.ac.id. Sekarang kan sudah mulai perkuliahan softskill dan Sebagai salah satu penilaian mata kuliah softskill harus mencatumkan link Gunadarma.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s