Kenalkan Bahasa Inggris Sejak Usia 1-6 Tahun

Posted: 04/05/2012 in Uncategorized

Jakarta, Psikologi Zone – Mengenalkan budaya asing sejak usia dini kerap menjadi kontroversi bagi sebagian masyarakat. Globalisasi dianggap mencederai sikap nasionalisme terhadap budaya dan berbangsa. Namun, pengenalan bahasa asing seperti bahasa Inggris sejak dini sangat bermanfaat bagi perkembangan mental anak.

 

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Novita Tandry, M.Psi, psikolog pendidikan anak usia dini. Ia menilai, pengenalan bahasa asing termasuk dalam 4 stimulasi yang dibutuhkan anak usia dini, terutama usia 1 hingga 6 tahun.

Menurut Novita dalam acara SGM Prestasi Center di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (1/5), makin dini anak mengenal bahasa asing maka semakin mudah baginya untuk menerapkan bahasa asing sebagai bahasa sehari-hari selain bahasa Indonesia. Tentu dengan tidak mengesampingkan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu, dan tetap mempelajarinya dari lingkungan. Kemampuan bahasa asing dapat membuat anak semakin percaya diri saat mereka besar nanti.

“Belajar lebih dari satu bahasa secara psikologis tidak masalah bagi perkembangan anak. Yang penting nanti orangtuanya konsisten, di rumah mengajarkan juga Bahasa Inggris,” kata Psikolog lulusan University of New South Wales ini.

Ia memberikan contoh pembanding seperti anak-anak di negara tetangga yang rata-rata sudah mampu berbicara dengan 4 jenis bahasa sejak usia 3-4 tahun. Faktanya, tidak pernah ditemukan masalah pada tumbuh kembang anak pada usia tersebut.

“Di negara-negara tetangga seperti Malaysia atau Singapura, anak-anak sudah terbiasa menggunakan empat bahasa sekaligus saat mereka berusia 3 atau 4 tahun. Tiga bahasa lain yang mereka gunakan didapat dari lingkungannya,” papar Novita. (kmp/dtk/mba)

sumber: http://www.psikologizone.com/kenalkan-bahasa-inggris-sejak-usia-1-6-tahun/065116491

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s