Mengatasi Dampak Buruk Budaya Asing Pada Anak

Posted: 04/05/2012 in Uncategorized

Yogyakarta, Psikologi Zone – Derasnya arus informasi baik dari dalam maupun luar negeri menunjukkan eksistensi globalisasi dan kemajuan teknologi. Globalisasi bisa memberikan manfaat positif bagi perkembangan bangsa, namun juga patut waspada mengenai dampak negatif yang mungkin bisa terjadi.

 

Melalui berbagai macam kemajuan teknologi, anak semakin mudah mengakses internet, menonton televisi dan membaca berbagai macam majalah. Tentu hal ini dapat mempengaruhi bagaimana anak berperilaku, misalnya menirukan gaya berpakaian dengan tren budaya asing.

Pada dasarnya, budaya asing baik untuk dipelajari dan merupakan patokan bagi budaya bangsa sendiri, namun di usia yang belum matang, anak tidak memiliki daya saring yang baik, mana yang boleh ditiru dan mana yang tidak. Tidak semua budaya asing sesuai dengan budaya bangsa, sehingga membuat anak tampil dewasa sebelum waktunya.

Dalam sebuah acara Berbagi Momen Kebersamaan Bersama Pasar Puter Wall’s Dung Dung, Senin (30/4), Psikolog Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Psi mengatakan, salah satu cara yang baik untuk mencegah dampak negatif arus globalisasi adalah dengan kontrol orang tua.

“Orang tua harus percaya diri terhadap kebudayaan bangsa sendiri”, kata Anna.

Bila orang tua sudah tidak percaya diri dengan budaya bangsa, maka tidak heran banyak anak-anak justru lebih menganggap keren budaya luar. Orang tua yang lebih percaya diri akan mencoba memperkenalkan budaya bangsa, misalnya dengan mengajaknya nonton pameran kesenian atau mengenalkan makanan tradisional.

Dampak buruk dari arus globalisasi melalui bidang teknologi adalah orang tua justru memberikan akses permainan video game.

“Padahal hal ini akan membuat anak bersikap individualistis dan kesulitan berkomunikasi dengan orang lain,” tuturnya.

Anna juga mengatakan, orang tua juga perlu untuk menyaring informasi tontonan keluarga yang lebih mendidik dan bisa mengenalkan budaya bangsa sendiri. (dtk/mba)

 

sumber:  http://www.psikologizone.com/mengatasi-dampak-buruk-budaya-asing-pada-anak/065116452

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s